Galilei Team

SuciWuryRendy Suci Rianie Wuri Sari Ratna Rendy Retno Rini Julian Alider

Rabu, 08 Desember 2010

SIA - CHAPTER 12 - SISTEM INFORMASI TERDISTRIBUSI DAN PERTUKARAN DATA ELEKTRONIK


SISTEM INFORMASI TERDISTRIBUSI DAN PERTUKARAN DATA ELEKTRONIK
Konsep – Konsep Komputasi Terdistribusi
Konsep-Konsep Komputasi Terdistribusi adalah jaringan antar computer yang berperan seperti sebuah computer Bagi satu individu. Contohnya LAN. Trasnparasi jaringan atau transparasi lokasi mempunyai arti bahwa pemakai tidak mempedulikan hakekat pendistribusian dalam system. Jadi , seluruh data dan file dalam jaringan, terlepas dimana pun lokasinya, akan terdapat dalam computer di pemakai. SERVER secara konstan menjalankan program computer dan data base yang berkaitan (atau file data) yang memuat satu atau lebih perangkat lunak atau layanan data ke computer lain di dalam jaringan. Pendekatan alternative adalah penggunaan server nama yaitu server khusus yang menyimpan direktori file dan atau data secara terpusat. Naming services (aplikasi dari teknologi server nama) merupakan dasar dari system komputerisasi terdistribusi. Naming services pentingnya sehingga telah di standarisasikan oleh Open system Interconektion (OSI) Standar X.500. naming services di tempatkan dalam aplikasi melalui system file terdistribusi, yang merupakan bagian atau penambahan dalam system operasi untuk mengendalikan naming services. Sistem operasi dapat berupa system operasi jaringan atau system operasi terdistribusi. Dalam system operasi jaringan setiap computer dalam jaringan menjalankan kopi system operasi masing-masing yang mendukung komunikasi dengan komputer lain dalam jaringan. Namun dalam system operasi terdistribusi hanya ada satu system operasi yang terdistribusi di seluruh computer dalam jaringan.
Komunikasi inter proses berkaitan dengan komunikasi langsung program ke program antara 2 program komputer yang di jalankan secara simultan kemungkinan dalam 2 komputer terpisah dalam satu jaringan.
Arsitektur Pemrosesan Jaringan untuk mendistribusikan data
Arsitektur pemrosesan data mencakup arsitektur terpusat , arsitektur distribusi server  pemakai (Client) dan arsitektur distribusi antar pemakai. Arsitektur pemrosesan jaringan tak terdistribusi merupakan komunikasi antar computer yang dapat dilakukan tanpa transparasi jaringan dan komunikasi interproses. Pemrosesan server client dengan arsitektur pemrosesan jaringan server client merupakan beragam program-program aplikasi dalam jaringan akan bertindak menjadi client atau server.
Ada 4 jenis kebijakan-kebijakan data base : kebijakan keamanan, kebijakan intergritas, kebijakan pemicu dan kebijakan derivasi. Dalam lingkungan server DBMS tugas pemakai dan kebijakan data base  terdapat di client. Dalam server DBMS dan Data base terdapat dalam server. Server DBMS menunjukkan beberapa kelebihan di banding Server file. Dalam lingkungan tempat penyimpanan server memuat DBMS kebijakan data base dan data base.
Pendistribusian Data dan Sumber Daya Komputasi
Pendistribusian data merupakan data base terdistribusi untuk menyebutkan setiap data base yang dapat diakses di seluruh jaringan dengan beberapa metode tertentu seperti remote procedur calls.
Pertukaran Data Secara Elektronik
Pertukaran data elektronik adalah pertukaran langsung dokumen-dokumen bisnis dari computer ke computer, seperti order pembelian dan order penjualan. Sebelum dua perusahaan melakukan pertukaran dokumen satu sama lain, kedua perusahaan Harus menandatangani EDI partnership Agreement yang mengatur secara hokum bagaimana transaksi bisnis elektronik di laksanakan.  Standar-standar EDI di kembangkan untuk membantu pertukaran data bisnis secara elektronik diantara perusahaan-perusahaan.
Transfer Data Elektronik
Merupakan kelompok besar metode-metode untuk mengirimkan pesan-pesan internasional yang secara elektronis berdampak pada perubahan ekonomi. Sistem besar EFT merupakan transfer dana secara segera dari satu institusi keuangan kelainnya dapat dilakukan dengan EFT besar. Fedwire digunakan untuk mentranfer dana di antara anggota federal Reserve system. Chips adalah system ACH di gunakan untuk transfer pembayaran EURO dolar antar institusi keuangan AS dan non AS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar